BLOG

Faktor-Faktor yang Bikin Pengajuan Kredit Rumah ditolak

Kredit Rumah – Beli rumah tidak harus cash keras. Ada sistem kredit yang memudahkan dan mempercepat proses memiliki rumah.

Namun, kredit rumah tidak selalu lolos. Dengan kata lain tidak selalu dikabulkan oleh bank. Mengajukan kredit rumah harus mengajukan data ke bank, yang kemudian masuk fase screening oleh pihak bank. 

Jika tidak lolos maka akan terhalang proses pembelian rumah secara kredit. Ada banyak sekali faktor yang bikin pengajuan kredit rumah ditolak bank. Berikut penjelasan lengkapnya.

Penghasilan Tidak Mencukupi

Saat Anda mengajukan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) kepada bank, maka pihak bank akan melakukan screening dokumen.

Termasuk dokumen histori penghasilan. Bank akan melihat histori penghasilan Anda. Selain penghasilan yang dicek adalah nilai utang sekaligus biaya cicilan selain rumah. 

Jika biaya cicilan rumah sekaligus estimasi cicilan rumah kurang dari 40% dari gaji bulanan Anda, maka kemungkinan besar KPR Anda dikabulkan oleh bank. 

Sebaliknya, jika biaya cicilan lain dan cicilan rumah ternyata lebih dari 40% gaji maka kemungkinan besar pengajuan KPR bakal ditolak.

Jadi supaya bisa beli rumah dengan metode KPR, maka pastikan tidak memiliki utang yang masih berjalan. Pastikan juga penghasilan cukup untuk bayar cicilan.

Faktor Usia yang Sudah Menua

Bank tidak hanya memeriksa data penghasilan saja. Ada banyak variabel yang dipertimbangkan oleh pihak bank, salah satunya adalah usia.

Pihak bank akan lebih mengabulkan pengajuan KPR dari kelompok usia produktif. Bank mempertimbangkan hal tersebut, karena usia produktif memiliki peluang yang tinggi untuk membayar cicilan. 

Sementara itu, kelompok usia yang sudah tidak produktif bakal sulit mendapatkan pembiayaan KPR. Bahkan umur 40 tahun juga bakal sulit mengajukan KPR Bank ketika tenor yang diambil adalah 15-20 tahun.

Bank menganggap umur 40 tahun, sudah masuk usia senja. Alhasil, bank tidak mau mengambil risiko. Bisa jadi bank akan mengabulkan, tetapi tenor kredit yang diberikan hanya 5 tahun. 

Nama Di-blacklist

Sistem perbankan di Indonesia sangat ketat dalam pengawasan serta manajemen risiko. Ketika Anda pernah berhutang pada lembaga keuangan tetapi gagal bayar atau masih ada kewajiban yang belum diselesaikan, maka bisa dipastikan nama terkena daftar hitam oleh pihak berwenang seperti OJK.

Nah nama yang sudah masuk daftar hitam, bakal sulit mengajukan KPR, karena dinilai berisiko oleh bank. 

Jadi sebelum mengajukan KPR, upayakan untuk menyelesaikan semua kewajiban. Alhasil nama sudah bersih dan mudah dipercaya oleh bank. 

Hal-hal di atas merupakan faktor-faktor yang membuat proses pengajuan kredit rumah ditolak bank. Jika Anda sudah punya penghasilan tetap dan usia masih produktif, maka tidak ada salahnya untuk beli rumah sekarang juga.

Buat Anda yang ingin tinggal di Jakarta Timur, ini ada perumahan mewah Lagoon Park. Perumahan kalangan elit yang lokasinya strategis dekat dengan lapangan golf. Harga setiap unitnya mulai Rp 885 jutaan hingga Rp 1,5 miliar. 

Rumah mewah di Cibubur ini memang didesain untuk hidup yang lebih nyaman bersama keluarga. Lokasinya di dataran tinggi, dengan udara yang sangat segar.

Di samping itu, rumah juga punya view kaki bukit hijau. Fasilitasnya lengkap, dari lapangan tenis, lapangan futsal, hingga pusat pendidikan serta kesehatan.

Enaknya lagi, Anda bisa membeli unit Lagoon Park dengan sistem kredit rumah. Yuk tebus unitnya sekarang lewat agen properti terpercaya Prime360. (As) 

imgWAchatYuk wa